KPP PRATAMA MAROS

BOLA SIMA

Renungan Spiritual Akhir Tahun 2014 : Kesabaran dan Kebahagiaan

Tinggalkan komentar

Dalam kehidupan, seringkali kita menghadapi ujian dan rintangan. Ujian dan rintangan tersebut seringkali membuat kita merasa bahwa kehidupan yang kita jalani begitu beratnya, untuk itu diperlukan kesabaran bahwa ujian tersebut datangnya dari Allah Azza wa Jalla.

“Setiap yang berjiwa akan merasakan mati. Kami akan menguji kalian dengan KEBURUKAN dan KEBAIKAN sebagai cobaan, dan hanya kepada Kamilah kalian dikembalikan.” [QS Al Anbiya`: 35]

Kita perlu belajar dari kesabaran para pendahulu kita, kesabaran para orang-orang sholeh. Ujian tidak hanya menimpa kita namun juga mereka. Sebagai contoh, betapa beratnya ujian yang menimpa Maryam, ketika dia mengandung Nabi Isa Alaihissalam dengan cara yang tidak lazim, tanpa seorang ayah. Cemohan kaumnya membuat dirinya harus pindah dari tempat kaumnya berada.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman :

“Maryam pun membawa anaknya kepada kaumnya dengan menggendongnya. Kaumnya berkata, ‘Wahai Maryam, sungguh, engkau telah melakukan sesuatu yang sangat mungkar. Wahai saudara perempuan Harun, ayahmu sekali-kali bukanlah seorang yang jahat, dan ibumu sekali-kali bukanlah seorang pezina.’ Maryam memberikan isyarat kepada bayinya. Mereka berkata lagi, ‘Bagaimana kami akan berbicara dengan bayi yang masih berada di dalam buaian?!’ ‘Isa berkata, ‘Sesungguhnya aku ini adalah hamba Allah, Dia memberiku al-Kitab dan Dia telah menjadikanku sebagai nabi. Dia menjadikanku sebagai seorang yang diberkahi di mana saja aku berada, dan Dia mewasiatiku untuk menegakkan shalat dan menunaikan zakat selama hidupku. Dia menjadikanku berbakti kepada ibuku, dan Dia tidak menjadikanku orang yang sombong lagi celaka. Semoga kesejahteraan dilimpahkan kepadaku pada hari aku dilahirkan, pada hari aku mati, dan pada hari aku dibangkitkan hidup kembali’.” (Maryam: 27—33).

Dalam keadaan kepayahan dan hampir melahirkan, Maryam bersandar pada sebuah pohon kurma. Allah Azza wa Jalla kemudian memberikan perintah kepadanya untuk menggoyangkan pohon kurma tersebut sebagaimana firman-Nya :

Dan goyanglah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya pohon itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu (QS Maryam: 25).

Dari kisah ini,Ustadz Haris Hasan S.Ag yang membawakan program rutin Mesjid Kemakmuran Mesjid Baitul Rahman di aula KPP Pratama Maros, hari Selasa, 30 Desember 2014, bercerita bahwa betapa Allah akan memberi rezeki kepada hamba-Nya bila dia mau berusaha. Maryam yang ketika itu sedang kepayahan mampu menggoyangkan pohon kurma yang berbatang besar hingga menjatuhkan buahnya.

Kita hanya diperintah Allah untuk berusaha, sedangkan hasilnya kita kembalikan ke tangan Allah. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Jika kalian bertawakal kepada Allah dengan sebenar-benarnya tawakal, niscaya Allah akan memberikan rezeki kepada kalian, seperti Allah memberikan rezeki kepada seekor burung. Ia pergi (dari sarangnya) di pagi hari dalam keadaan perut yang kosong (lapar), dan kembali (ke sarangnya) di sore hari dalam keadaan perut yang penuh (kenyang)”. (H.R. Ahmad)

Untuk itu dalam kehidupan, menurut Ustadz Haris diperlukan ikhtiar-ikhtiar untuk mencari rezeki yang dipadu dengan doa. Karena segala hal yang ada dalam kehidupan kita adalah berada dalam kehendak Allah Subhanahu wa Ta’ala.

KPP Pratama Maros dan Penerimaan

                Program rutin bulanan yang diselenggarakan oleh Dewan Kemakmuran Mesjid Baitul Rahman adalah ikhtiar untuk mencapai target yang diberikan kepada KPP Pratama Maros dari  sisi spiritual.  Kegiatan yang merupakan hasil swadaya pegawai muslimin dan muslimat KPP Pratama Maros dilaksanakan untuk memberikan pencerahan kepada pegawai KPP Pratama maros.

KPP Pratama Maros memang terus berupaya untuk mencapai target penerimaan. Segala ikhtiar yang dilakukan diharapkan menjadi jalan untuk mencapai harapan yang diidam-idamkan. Insya Allah, hal tersebut akan berbuah pahala bila dikerjakan dengan niat ibadah.

Semoga KPP Pratama Maros dapat mencapai target penerimaan tahun 2014!

ustadz haris ceramah

Ustadz Haris Hasan ketika berceramah

pegawai KPP Maros mendengarkan ceramah 1

10872937_1421951678065380_7940298001130294868_o

Pegawai KPP Pratama Maros mendengarkan ceramah

10869345_1421956224731592_4931857902428725409_o

 10864017_1421955871398294_6101300853484179100_o

Pegawai KPP Pratama Maros bersantap siang setelah ceramah usai

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s