KPP PRATAMA MAROS

BOLA SIMA

Asistensi KPPc KPP Pratama Maros Demi Peningkatan Mutu Pelayanan

Tinggalkan komentar

Penilaian kinerja Kantor Pelayanan Percontohan (KPPc) di lingkungan Kementerian Keuangan merupakan perwujudan dari keinginan untuk meningkatkan mutu pelayanan. Hal ini timbul karena adanya tuntutan masyarakat untuk terwujudnya penanggulangan Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN) yang serius, penyediaan pelayanan publik yang baik, terciptanya good governance serta pemberian pelayanan prima oleh para birokrat.

ASISTENSI 2

Hal tersebut diungkapkan Saeful Anwar, Kassubag TU Biro Organisasi dan Ketatalaksanaan Sekretariat Jenderal, Kementerian Keuangan di hadapan Kepala Kantor beserta pegawai Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Maros dan pegawai-pegawai yang diutus Kantor Wilayah (Kanwil) DJP Sulawesi Utara, Tengah, Gorontalo dan Maluku Utara di ruang pertemuan KPP Pratama Maros, Rabu, tanggal 25 Juni 2014. Saeful diutus untuk memberikan asistensi dan pengumpulan Indeks Kepuasan Masyarakat dalam rangka seleksi Kantor Pelayanan Percontohan Kementerian Keuangan kepada Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Maros bersama dengan tim, Bayu Nurcahyono, Henry Ardhiantoro dan Tubi.

ASISTENSI 1

Saeful mengungkapkan bahwa salah satu dasar dari kegiatan ini adalah Keputusan Menteri Keuangan Republik Indonesia nomor 65 tahun 2014 yang merupakan perubahan dari KMK 128 / KMK.01 /2013 tentang Pedoman Penilaian Kantor Pelayanan Percontohan di Lingkungan Kementerian Keuangan. Dalam peraturan tersebut dijelaskan latar belakang kegiatan penilaian ini yaitu dalam rangka melaksanakan evaluasi kinerja pelayanan publik dan memberikan penghargaan terhadap kantor pelayanan yang telah melaksanakan pelayanan prima. Evaluasi kinerja dengan cara melakukan penilaian dilakukan untuk mengetahui gambaran kinerja yang obyektif dari kantor pelayanan dan pemberian stimulus atau motivasi berupa penghargaan merupakan langkah strategis dalam mendorong upaya perbaikan dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Saeful menjelaskan ruang lingkup penilaian KPPc adalah penilaian terhadap kinerja pelayanan publik pada kantor pelayanan dan atau unit-unit kerja lainnya yang menyelenggarakan pelayanan. Hal-hal tersebut meliputi : visi dan misi, moto pelayanan, nilai-nilai Kementerian Keuangan; standar pelayanan dan maklumat pelayanan; sistem, mekanisme dan prosedur pelayanan; sumber daya manusia; sarana dan prasarana pelayanan; penanganan pengaduan; indeks kepuasan masyarakat; sistem informasi pelayanan publik dan produktivitas dalam pencapaian target pelayanan. Saeful juga menjelaskan bobot nilai dari komponen penilaian tersebut.

Saeful juga mengungkapkan penghargaannya terhadap kinerja KPP Pratama Maros. Di bawah kepemimpinan Muhammad Sukri Subki, Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Maros masuk sebagai satu dari tiga utusan Direktorat Jenderal Pajak dalam Kegiatan Kantor Pelayanan Percontohan (KPPc) Tingkat Kementerian Keuangan Tahun 2014.

Survei 809 KPP Pratama Maros

SURVEI

            Keesokan harinya, pada tanggal 26 Juni 2014, tim asistensi Biro Organisasi dan Ketatalaksanaan Sekretariat Jenderal, Kementerian Keuangan melakukan pengumpulan survei Indeks Kepuasan Masyarakat terhadap Wajib Pajak KPP Pratama Maros. Kegiatan yang berlangsung kurang lebih satu jam ini merupakan salah satu upaya untuk mengukur tingkat kepuasan masyarakat yang pada akhirnya diharapkan dapat menjadi dasar untuk melakukan perbaikan-perbaikan dalam memberikan pelayanan yang lebih baik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s