KPP PRATAMA MAROS

BOLA SIMA

Prestasi KPP Pratama Maros : Dukungan Kanwil dan Inovasi Jadi Kunci

Tinggalkan komentar

Dukungan yang terus menerus diberikan oleh Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Sulawesi Selatan, Barat dan Tenggara serta inovasi yang tiada hentinya dilakukan merupakan kunci kesuksesan. Prestasi Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Maros masuk sebagai satu dari tiga utusan Direktorat Jenderal Pajak dalam Kegiatan Kantor Pelayanan Percontohan (KPPc) Tingkat Kementerian Keuangan Tahun 2014, tidak terlepas dari kedua hal tersebut.

1

Hal itu disampaikan Muhammad Sukri Subki, Kepala KPP Pratama Maros kepada Tim Studi Banding Kanwil DJP Sumatera Utara I di ruang rapat KPP Pratama Maros pada hari Senin, 23 Juni 2014. Dia menceritakan betapa banyak dukungan yang telah diberikan oleh Kanwil DJP Sulawesi Selatan, Barat dan Tenggara sehingga perubahan yang dilakukan oleh Kantor yang dipimpinnya menjadi lebih maksimal.

Kunjungan tim Kanwil DJP Sumatera Utara I hari itu adalah dalam rangka melakukan studi banding atas keberhasilan KPP Pratama Maros masuk sebagai satu dari tiga utusan dan Direktorat Jenderal Pajak dalam Kegiatan Kantor Pelayanan Percontohan (KPPc) Tingkat Kementerian Keuangan Tahun 2014. Sujarwo, Kepala KPP Pratama Medan Belawan dan juga perwakilan dari tim Studi Banding, mengutarakan keinginannya untuk mengetahui langkah-langkah yang telah dilakukan KPP Pratama Maros. Dia mengharapkan langkah-langkah tersebut dapat diaplikasikan di kantor yang dipimpinnya.

2

Dalam kunjungan kali ini, Tim Studi Banding Kanwil DJP Sumatera Utara I juga mengutus Jonny Parulian Sinaga (Kepala Seksi Pelayanan KPP Pratama Medan Belawan), Parsaoran Tumpal H. Hutapea (Kepala Seksi Bimbingan Pelayanan Kanwil DJP Sumatera Utara I), Cherish Rosari Tambunan (Pelaksana Seksi Pelayanan KPP Pratama Medan Belawan) dan Rahmawati Samal (Sekretaris KPP Pratama Medan Belawan).

Inovasi KPP Pratama Maros

Sukri mengungkapkan, KPP Pratama Maros telah melakukan beberapa inovasi dengan tujuan tidak hanya memberikan pelayanan yang terbaik, namun juga untuk melaksanakan fungsinya sebagai bagian dan DJP. Dua inovasi yang bertujuan untuk memberikan pelayanan yang lebih baik adalah Sistem Pemberkasan Arsip Resistor dan Sistem Penugasan Terintegrasi di Seksi Pelayanan.

Sistem Pemberkasan Arsip Resistor merupakan karya kreatif dari  salah satu pegawai yang pernah bertugas di KPP Pratama Maros, Herman. Kelebihan dari sistem ini adalah mudah digunakan, pengkodean hanya diketahui petugas bersangkutan sehingga keamanan terjamin, terdapat buku manual yang dapat digunakan bila mati lampu, serta terintegrasi dengan bon berkas sehingga semua histori peminjaman berkas akan tersimpan dengan baik.

Sistem Penugasan Terintegrasi di Seksi Pelayanan merupakan sistem di mana semua pekerjaan dilakukan secara terintegrasi oleh pelaksana Seksi Pelayanan. Dalam sistem ini semua pelaksana dapat berperan sebagai back office maupun front office. Hal ini bertujuan bila salah satu pelaksana tidak hadir, maka pekerjaannya dapat dihandle oleh pelaksana lainnya. Selain itu sistem ini bertujuan untuk menjalin kebersamaan.

Selain hal tersebut, beberapa inovasi juga terus dikembangkan oleh KPP Pratama Maros. Sebuah ruangan disediakan khusus untuk memanjakan wajib pajak. Ruangan tersebut memberikan fasilitas berupa perpustakaan yang berisi tidak hanya buku tentang perpajakan namun juga buku umum. Dalam ruangan tersebut juga disediakan fasilitas fotokopi yang memudahkan pelayanan kepada Wajib Pajak.

Salah satu inovasi lain adalah Penyimpanan dan Pemeliharaan Peta Kuno. Peta rincik yang dibuat pada tahun 1925 masih disimpan sampai sekarang di Seksi Ekstensifikasi KPP Pratama Maros. Hal ini bertujuan untuk pelestarian barang-barang yang berkaitan dengan sejarah.

Metamorfosis KupuKupu

3

Kepada tim Studi Banding, Muhammad Sukri Subki menjelaskan dan menunjukkan perbaikan yang tak henti-hentinya dilakukan KPP Pratama Maros. Perbaikan tersebut tidak hanya berupa perbaikan fisik, namun juga perbaikan non fisik. Perbaikan fisik, yaitu perbaikan sarana dan prasarana, sedangkan perbaikan non fisik berupa kegiatan-kegiatan yang bertujuan meningkatkan aspek batiniah pegawai yang berkaitan dengan pelayanan Wajib Pajak.

Hal tersebut sesuai dengan filosofi metamorfosis kupu-kupu. Dimana untuk melakukan perubahan menjadi yang terbaik diperlukan kerja keras dan pengorbanan. Pada tahun 2013, KPP Pratama Maros telah mencapai berbagai prestasi. Salah satu di antaranya adalah berhasil meraih prestasi sebagai Kantor dengan Pelayanan Terbaik untuk wilayah Kantor Wilayah (Kanwil) DJP Sulawesi Selatan, Barat dan Tenggara. Keberhasilan berlanjut menjadi lebih baik pada tahun 2014 dengan masuk sebagai satu dari tiga utusan Direktorat Jenderal Pajak dalam Kegiatan Kantor Pelayanan Percontohan (KPPc) Tingkat Kementerian Keuangan Tahun 2014.

Dalam kegiatan hari itu, tim Studi Banding juga diantar berkeliling melihat gudang berkas dan ruang pelayanan. Ruang berkas yang tertata rapi tidak lepas dan peranan Syamsu Dan Michael Irwan Pabundu, Pelaksana Seksi Pelayanan, yang ditunjuk untuk menata ruang berkas. Penghargaan khusus pun telah diberikan atas kerja keras mereka.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s